SELAMAT DATANG DI BLOG SDN LIMBANGAN O1

Minggu, 04 Maret 2012

Panduan Penyelenggaraan SD Standar Nasional Direktorat Pembinaan TK dan SD

   BAB I
   PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

    Dalam pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan negara
    Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena
    itu   setiap   warga   negara   Indonesia   tanpa   memandang   status   sosial,   ras,
    etnis,   agama,   dan   gender   berhak   memperoleh   pendidikan   yang   bermutu
    sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Pendidikan yang bermutu
    merupakan        prasyarat      adanya     Sumber      Daya     Manusia      (SDM)     yang
    berkualitas,   yaitu   warga   negara   yang   unggul   secara   intelektual,   anggun
    dalam     moral,    kompeten      dalam    Ilmu   Pengetahuan       Teknologi    dan    Seni
    (IPTEKS),     produktif dalam karya dan memiliki komitmen yang tinggi untuk
    berbagai   peran   sosial,   serta   berdaya   saing   terhadap   bangsa   lain   di   era
    global.

    Dengan demikian, pembangunan pendidikan nasional perlu diarahkan pada
    peningkatan martabat manusia secara holistik, yang memungkinkan ketiga
    dimensi   kemanusiaan   paling   elementer   di   atas   dapat   berkembang   secara
    optimal. Oleh karena itu, lembaga pendidikan seyogianya menjadi wahana
    strategis   bagi   upaya   pengembangan   segenap   potensi   individu,   termasuk
    membangun   karakter   dan   wawasan   kebangsaan   bagi   peserta   didik,   yang
    menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan
    bangsa      dalam    kerangka     Negara     Kesatuan     Republik    Indonesia     (NKRI),
    sehingga      cita-cita   membangun         manusia      Indonesia     seutuhnya      dapat
    tercapai.

    Dengan       diberlakukannya       Standar      Nasional    Pendidikan,      sebagaimana
    penjelasan PP Nomor 19 tahun 2005 pasal 11 ayat (2) dan (3), pemerintah
    memetakan        sekolah/    madrasah      menjadi    sekolah/madrasah        yang    sudah
    atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan sekolah/madrasah
    yang      belum     memenuhi        Standar     Nasional      Pendidikan.     Selanjutnya
    pemerintah       mengkategorikan        sekolah/madrasah        yang    telah   memenuhi
    atau   hampir   memenuhi   Standar   Nasional   Pendidikan   ke   dalam   kategori
    mandiri,   dan   sekolah/madrasah   yang  belum   memenuhi   Standar   Nasional
    Pendidikan      ke   dalam    kategori   standar.    Berbagai    upaya    ditempuh      agar
    alokasi    sumberdaya       Pemerintah      dan   Pemerintah      Daerah    diprioritaskan
    untuk   membantu   sekolah/madrasah   yang   masih   dalam   kategori   standar
    untuk      bisa   meningkatkan        diri   menuju     kategori     mandiri.     Terhadap
    sekolah/madrasah   yang   telah   masuk   dalam   kategori   mandiri,   Pemerintah
    mendorongnya          untuk    secara    bertahap     mencapai      taraf    internasional.
 Sekolah   Dasar   Standar   Nasional   (SDSN)   adalah   sekolah   dalam   kategori
    mandiri.

    Penetapan      SDSN    merupakan     salah   satu  upaya    untuk   mengkategorikan
    sekolah yang memenuhi dan belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan
    (SNP).    Dengan   demikian   perlu   disusun   pedoman   yang   dapat   djadikan
    acuan   bagi   semua     pihak  terutama   pemerintah      daerah   dan   masyarakat
    dalam menyelenggarakan sekolah yang sesuai dengan SNP.

B.  Pengertian

    Sekolah Dasar Standar Nasional selanjutnya disebut SDSN adalah Sekolah
    Dasar/Madrasah         Ibtidaiyah     yang    memenuhi          Standar      Nasional
    Pendidikan.

    Standar-standar tersebut meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan,
    pendidik    dan   tenaga   kependidikan,     sarana   dan   prasarana,    pengelolaan,
    pembiayaan, dan penilaian.

C.  Tujuan

    Tujuan penyelenggaraan SDSN adalah: (1) memfungsikan SD/MI menjadi
    pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap,
    dan nilai; (2) menjamin terwujudnya mutu pendidikan sekolah dasar yang
    dapat    mencerdaskan       kehidupan     bangsa    dan   membentuk      watak    serta
    peradaban      bangsa    yang    bermartabat;     dan   (3)   meningkatkan       mutu
    layanan pendidikan di tingkat sekolah dasar.

D. Sasaran

    Sasaran Penyelenggaraan SDSN adalah SD/MI baik negeri maupun swasta
    yang     berada     pada     wilayah     hukum      Negara     Republik     Indonesia.
    Penyelenggaraan SDSN dilaksanakan secara bertahap.

E.  Dasar Hukum

    Dasar penyelenggaraan SDSN adalah sebagai berikut :

     1.  Undang-Undang         No.   20   tahun    2003    tentang    Sistem    Pendidikan
         Nasional;

     2.  Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

     3.  Undang-Undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;

    4.   Undang-Undang   No.   33   tahun   2004   tentang   Perimbangan   Keuangan
         antara Pemerintah Pusat dan Daerah;
   5.  Peraturan   Pemerintah   No.   25   tahun   2000   tentang   Pembagian   Tugas
         dan Wewenang Pemerintah Pusat dan Daerah;

     6.  Peraturan   Pemerintah   No.   19   tahun   2005   tentang   Standar   Nasional
         Pendidikan;

     7.  Peraturan      Pemerintah      Nomor      7   Tahun     2005    tentang     Rencana
         Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2004-2009.

     8.  Keputusan Mendiknas RI No. 44/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang
         Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah;

     9.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang
         Standar Isi

     10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang
         Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

     11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang
         pelaksanaan kepmendiknas nomor 22 dan 23 tahun 2006

     12. Peraturan   Menteri   Pendidikan   Nasional   Nomor   6   tahun   2007   tentang
         perubahan permendiknas nomor 24 tahun 2006.

     13. Peraturan   Menteri   Pendidikan   Nasional  nomor   13   tahun   2007      tentang
         Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

     14. Peraturan   Menteri   Pendidikan   Nasional  nomor   16   tahun   2007      tentang
         Standar Kualifikasi Akademik Guru

     15. Peraturan   Menteri   Pendidikan   Nasional  nomor   19   tahun   2007      tentang
         Standar     Pengelolaan     Pendidikan    oleh  Satuan     Pendidikan    Dasar    dan
         Menengah.

     16. Peraturan   Menteri   Pendidikan   Nasional  nomor   20   tahun   2007      tentang
         Standar Penilaian Pendidikan

     17. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 tahun 2007 tentang Standar
         Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI

     18. Rencana Strategis Depdiknas tahun 2005-2009.

     19. Rencana   Strategis   Direktorat   Jenderal   Manajemen   Pendidikan   Dasar
         dan Menengah, Depdiknas tahun 2005-2009.

0 komentar

Posting Komentar