SELAMAT DATANG DI BLOG SDN LIMBANGAN O1

Selasa, 06 Maret 2012

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK


Nama Sekolah : SD Negeri ....................................
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
4. Matematika : Mengenal bangun datar sederhana.
5. Bahasa Indonesia :
• Mendengarkan : Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
• Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
• Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
• Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.

Kompetensi Dasar :
1. IPS :
• Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
• Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.
3. PKN :
• Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4. Matematika :
• Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
• Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
• Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
• Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
• Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
• Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
• Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
• Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
Menulis
• Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan Keterampilan :
• Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
• Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
• Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
• Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
• Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
• Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
• Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
• Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
• Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
• Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
• Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
• Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
• Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
• Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
• Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
• Menyebutkan tokoh dalam dongeng
• Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
• Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
• Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
• Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
• Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
• Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
• Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan.
• Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
• Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
• Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
• Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
• Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
• Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
• Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
• Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
• Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
• Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
• Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
• Melakukan tarian pendek secara perorangan.
• Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
• Aturan yang berlaku di masyarakat
• Menjaga kebersihan rumah.
• Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
• Mengenal bangun datar.
• Memerankan tokoh dongeng
• Membuat kalimat berdasarkan gambar.
• Percakapan.
• Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
• Membaca lancar
• Menulis huruf tegak bersambung.
• Unsur gerak tari.
• Keragaman unsur gerak tari.

III. Metoda Pembelajaran :
• Ceramah
• Diskusi.
• Tanya jawab.
• Demontrasi.
• Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
 Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
 Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
 Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.

 Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
 Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
 Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
 Mengamati model yang termasuk bangun datar.
 Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
 Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
 Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Kreatif, Peduli lingkungan

 Komunikatif, Peduli lingkungan,Peduli sosial
 Rasa ingin tahu

 Kreatif,Kerja keras,Peduli lingkungan

 Kreatif, Komunikatif,Madiri

 Rasa ingin tahu, Komunikatif, Peduli sosial






 Komunikatif,Peduli sosial,Tanggung jawab

 Komunikatif,Peduli sosial,Cinta damai
 Kreatif, Kerja keras
 Komunikatif,Kreatif
 Demokratis, Komunikatif

 Kreatif,Kerja keras,Tanggung jawab



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun.
 Menyebutkan tokoh dalam dongeng.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
 Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
 Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
 Menyebutkan bagian –bagian dalam rumah yang harus sering dibersihkan.
 Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
 Mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
 Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
 Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
 Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Rasa ingin tahu,Kreatif

 Kreatif, Komunikatif




 Komunikatif,Kreatif, Mandiri
 Toleransi,Komunikatif

 Rasa ingin tahu,Kreatif,Komunikatif
 Tanggung jawab, Peduli lingkungan
 Kerja keras,Peduli lingkungan
 Komunikatif, Kreatif

 Komunikatif,Kreatif


 Tanggung jawab,Kreatif

 Mandiri,Komunikatif





 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 dikonsumsi pada musim hujan.
 Menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
 Menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
 Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
 Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
 Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
 Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
 Mengenalkan bangun datar lingkran dan bukan lingkaran.
 Menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
 Membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Mandiri,Disiplin
 Bersahabat,Menghargai prestasi
 Kreatif,Tanggung jawab,Peduli lingkungan
 Komunikatif,Kreatif





 Rasa ingin tahu,Bersahabat

 Komunikatif,Kreatif

 Komunikatif,Mandiri
 Komunikatif,Kerja keras

 Toleransi,Kreatif, Komuikatif
 Tanggung jawab,Mandiri

 Kerja keras, Jujur

 Kreatif,Kerja keras



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan ke empat3 x 35 menit. (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Bu, permios bade ka jamban, dll)
 Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
 Menceritakan dengan kalimat sendiri.
 Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Memeragakan pengucapan kalimat permohonan ijin di depan kelas.
 Mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
 Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
 Mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
 Mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif,Rasa ingin tahu, Kreatif

 Demokratis, Jujur, Mandiri, Kreatif
 Kreatif,Kerja keras
 Kreatif,Disiplin





 Kreatif, Demokratis

 Komunikatif, Jujur,Disiplin

 Rasa ingin tahu, Komunikatif, Kreatif

 Demokratis,Kreatif,Mandiri

 Kreatif,Demokratis,Mandiri




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif
 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Jawa, Matematika, B.Indonesia)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin.
 Mengamati gambar yang diperlihatkan guru.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
 Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
 Memeragakan pengucapan kalimat permohonan ijin di depan kelas
 Membuat gambar bangun datar yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
 Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
 Membuat kalimat sederhana yang tepat untuk setiap gambar.
 Mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif,Kreatif, Jujur,Tanggung jawab

 Komunikatif, Mandiri




 Bersahabat,Demokratis,Mandiri
 Bersahabat,Kreatif,Disiplin

 Komunikatif, Jujur

 Rasa ingin tahu, Kreatif

 Kreatif,Kerja keras, Peduli lingkungan

 Jujur,Komunikatif,Kreatif

 Mandiri, Kreatif

 Komunikatif, Jujur




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 1
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia,IPS)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
 Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
 Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
 Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
 Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
 Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
 Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
 Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
 Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
 Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
 Menyebutkan bagian –bagian dalam rumah yang harus sering dibersihkan.
 Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
 Menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif, Jujur, Toleransi






 Kreatif, Tanggung jawab

 Kreatif, Menghargai prestasi

 Kreatif, Kerja keras
 Komunikatif,Kerja keras

 Komunikatif, Kreatif,Demokratis
 Jujur,Demokratis,Mandiri


 Komunikatif, Jujur

 Tanggung jawab, Komunikatif
 Menghargai prestasi, Kreatif

 Komunikatif, Toleransi,Rasa ingin tahu
 Mandiri,Kreatif,Peduli lingkungan

 Kreatif,Peduli lingkungan,Mandiri
 Kreatif,Peduli lingkungan,Jujur




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melalui diskusi sederhana siswa membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup manusia.
 Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar kelompok.
 Melaporkan hasil diskusi.
 Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
 Menyebutkan Manfaat patuh terhadap peraturan di rumah.
 Menyebutkan manfaat patuh terhadap peraturan di lingkungan masyarakat.
 Mencatat beberapa manfaat dari mematuhi peraturan.
 Membuat gambar bangun datar yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
 Menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif, Tanggung jawab,mandiri




 Demokratis,Peduli lingkungan,Komunikatif

 Tanggung jawab
 Tanggung jawab
 Demokratis,Komunikatif, Cinta damai

 Komunikatif,Cinta damai

 Bersahabat,Cinta damai,Peduli lingkungan
 Kreatif,Mandiri

 Kretif, Jujur,Tanggung jawab

 Kerja keras,Komunikatif,Peduli lingkungan
 Kreatif,Tanggung jawab,Komunikatif



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
 Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
 Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
 Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
 Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
 Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
 Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan di dalam rumah dan halaman rumah.
 Menyebutkan bagian –bagian luar rumah yang harus sering dibersihkan.
 Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
 Membuat gambar bangun datar yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
 Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
 Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif,Gemar membaca,Kreatif





 Kreatif,Kerja keras,Komunikatif
 Bersahabat,Kreatif,Mandiri

 Disiplin,Kreatif,Mandiri,Komunikatif
 Komunikatif,Kreatif

 Rasa ingin tahu,Komunikatif


 Toleransi,Komunikatif
 Kreatif,Komunikatif,Peduli lingkungan

 Tanggung jawab,Jujur

 Kreatif,Mandiri, Komunikatif


 Kreatif, Mandiri

 Rasa ingin tahu,Komunikatif

 Tanggung jawab,Kreatif

 Rasa ingin tahu,Komunikatif





 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan manusia pada musim kemarau dan musim hujan.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Membandingkan kegiatan tersebut anatara kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
 Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan dan kemarau.
 Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
 Menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut disukai.
 Bertanya jawab tentang kesukaan yang diminati siswa.
 Menuliskan tentang kesukaan yang diminati siswa.
 Menyatakan kalimat suka atau tidak suka pada suatu kegiatan atau benda.
 Membuat gambar bangun datar yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
 Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
 Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Kreatif,Komunikatif,Peduli sosial





 Menghargai prestasi,Peduli lingkungan

 Kreatif,Komunikatif,Peduli lingkungan
 Komunikatif,Kreatif,Rasa ingin tahu
 Komunikatif,Tanggung jawab, Jujur
 Rasa ingin tahu, Toleransi

 Rasa ingin tahu,jujur
 Komuikatif,Tanggung jawab, Jujur
 Kreatif,Kerja keras

 Komunikatif, Kreatif



 Kerja keras, jujur

 Tanggung jawab, Jujur




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
 Menyampaikan secara lisan alasan benda tersebut tidak disukai.
 Bertanya jawab tentang benda / kegiatan yang tidak disukai.
 Membuat gambar bangun datar yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
 Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
 Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan lingkaran.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Komunikatif,Kreatif






 Rasa ingin tahu,Komunikatif

 Komunikatif, Jujur

 Rasa ingin tahu, Komunikatif

 Kreatif, Tanggung jawab

 Kreatif, Kerja keras, Peduli sosial

 Kreatif, Mandiri

 Rasa ingin tahu, Kreatif




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melakukan permainan untuk melatih kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
 Membuat gambar bangun datar segitiga berbagai ukuran dengan bentuk yang benar.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Memberi warna atau tempelan kertas warna yang menarik.
 Memajang hasil karya di depan kelas.
 Memberikan tanggapan positif terhadap karya siswa lain.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Kreatif,Kerja keras

 Kreatif, Tanggung jawab




 Kreatif, Mandiri

 Menghargai prestasi
 Komunikatif, Menghargai prestasi



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 2
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
 Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
 Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
 Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
 Menciptakan gerakan tarian secara perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
 Menampilkan gerakan tarian pendek secara perorangan.
 Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
 Melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
 Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
 Menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
 Memberikan tanggapan positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Menghargai prestasi, Bersahabat
 Komunikatif,Rasa ingin tahu



 Demokratis, Komunikatif

 Kreatif, Peduli lingkungan

 Peduli lingkungan,Kreatif

 Kreatif, Kerja keras

 Kreatif,Mandiri

 Komunikatif,Jujur

 Tanggung jawab
 Disiplin,Kreatif
 Komunikatif
 Menghargai prestasi,Bersahabat



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Mengumpulkan informasi dari koran tentang bencana yang ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat dari musim hujan dan musim kemarau.
 Menyebutkan usaha /kegiatan yang dapat mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim hujan atau musim kemarau.
 Melalui tanya jawab, siswa menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
 Menyebutkan akibat tidak patuh pada pereturan di rumah.
 Menyebutkan akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
 Mengerjakan tugas/ mengisi latihan soal.
 Menyelidiki berbagai bangun datar dengan cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
 Membuat jiplakan pada garis putus-putus, kemudian menghubungkannya agar membentuk bangun datar.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Komunikatif,Rasa ingin tahu,Peduli lingkungan




 Komunikatif,Peduli lingkungan
 Peduli sosial,Peduli lingkungan
 Rasa ingin tahu,Tanggung jawab
 Komunikatif,Tanggung jawab

 Komunikatif,Tanggung jawab

 Disiplin, Mandiri
 Kreatif,Kerja keras

 Kreatif, Mandiri



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
 Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
 Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat
 Menjelaskan bahwa tanda titik biasa dipakai pada kalimat berita

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
 Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
 Menggunkan tanda baca titik, tanda tanya, pada kalimat sederhana
 Menerangkan bahwa tanda tanya biasa disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
 Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
 Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
 Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
 Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
 Membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
 Memberi warna yang menarik.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Komunikatif
 Gemar membaca
 Rasa ingin tahu
 Komunikatif,Jujur



 Kreatif, Kerja keras
 Gemar membaca, Kreatif

 Kreatif, Mandiri

 Komunikatif,Kreatif

 Demokratis,Komunikatif,Peduli sosial
 Kreatif, Komunikatif
 Kreatif, Peduli sosial


 Kreatif, Disiplin,Tanggung jawab,mandiri
 Kreatif,Kerja kera,Mandiri

 Kreatif,Kerja keras,Mandiri


 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada musim kemarau dan pada musim hujuan.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
 Melaporkan hasil diskusi.
 Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
 Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
 Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
 Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual
 Memperhatikan berbagai bentuk bangun datar yang diperlihatkan guru.
 Menyebutkan kelompok bangun datar yang termasuk segitiga
 Menuliskan kelompok bangun datar yang termasuk segiempat.
 Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara individual.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Demokratis, Komunikatif, Peduli sosial, Peduli lingkungan




 Kreatif,Tanggung jawab
 Menghargai prestasi
 Kreatif, Komunikatif

 Gemar membaca, Mandiri

 Gemar membaca, Kreatif, Mandiri
 Gemar membaca, Tanggung jawab
 Komunikatif, Kreatif
 Tanggung jawab, Kreatif

 Komunikatif, Kerja keras

 Tanggung jawab, Mandiri



 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. (B. Indonesia, Matematika )
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
 Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
 Membuat gambar segitiga dan segiempat pada kertas berpetak.
 Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar menggunakan penggaris.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Komunikatif,Rasa ingin tahu





 Kreatif,Kerja keras
 Gemar membaca, Kreatif

 Kreatif,Kerja keras

 Kreatif, Mandiri




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada papan tulis
 Mewarnai gambar bangun datar yang termasuk segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna biru, dan lingkaran dengan warna kuning.

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Menyusun dan menggabungkan beberapa bangun datar menjadi sebuah bentuk binatang. Atau benda lain.
 Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
 Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung yang benar dengan memperhatikan huruf kapital yang tepat.
 Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
 Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan




 Komunikatif,Mandiri

 Kreatif,Komunikatif,
Tanggung jawab



 Kreatif, Komunikatif,Tanggung jawab

 Kreatif,Keja keras,Komunikatif

 Komunikatif,Peduli sosial,Tanggung jawab
 Kreatif, Jujur, Tanggung jawab
 Komunikatif,Kerja keras




 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif

No. Tahapan Pembelajaran Karakter
A Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi
– Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
– Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
– Test awal pelajaran (pre test).

 Relegius,Toleransi,Komunikatif,Disiplin

 Komunikatif

 Komunikatif,Jujur,Mandiri

 Komunikatif,Kreatif
 Rasa ingin tahu
B Kegiatan Inti
Minggu ke 3
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (IPS, Seni Budaya danKeterampilan,
Bahasa Indonesia)
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Menyimak kalimat yang didiktekan guru

 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar rumah.
 Menyebutkan jenis penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan rumah.
 Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
 Memeragakan gerakan tarian karya sendiri ( kelompok) di depan kelompok lain..
 Memperagakan suatu tarian yang sudah dipelajari secara berkelompok.
 Menampilkan tarian diiringi musik atau nyanyian.
 Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
 Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika ada kesalahan.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan





 Kreatif,Mandiri, Komunikatif



 Demokratis,Komunikatif, Menghargai prestasi
 Tanggung jawab, Peduli lingkungan
 Kreatif,Peduli lingkungan


 Kreatif,Mandiri,Disiplin, Komunikatif
 Kreatif,Demokratis

 Mandiri,Kreatif
 Komunikatif,Kreatif

 Gemar membaca,Komunikatif, Kreatif


 Rasa ingin tahu, Bersahabat

 Komunikatif,Jujur, Menghargai prestasi
C Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
- Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
- Mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan

 Rasa ingin tahu,Disiplin

 Komunikatif, Disiplin

 Menghargai prestasi,Kreatif, Komunikatif


V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Sumber :
 Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
 Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
 Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
 Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
 Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
 Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
 Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
• Alat Peraga :
 Gambar rumah sehat dan tidak sehat.
 Gambar bangun datar
 Guntingan karton yang berbentuk segitga, segiempat, lingkaran.
 Gambar peristiwa banjir dan kekeringan

VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1. IPS :
• Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
• Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2. IPA :
• Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
• Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
• Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
• Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3. PKn :
• Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
• Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4. Matematika :
• Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
• Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
• Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
• Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5. Bahasa Indonesia :
• Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
• Menyebutkan tokoh dalam dongeng
• Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
• Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
• Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
• Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
• Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
• Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
• Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan.
• Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
• Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
• Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
• Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
• Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
• Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
• Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
• Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
• Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
• Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
• Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
• Melakukan tarian pendek secara perorangan.
• Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

Tes lisan Tes tertulis

Uraian
isian 1. IPS :
• Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
• Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2. IPA :
• Ceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
• Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
• Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
• Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3. PKn :
• Sebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
• Jelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4. Matematika :
• Tunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
• Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
• Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
• Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5. Bahasa Indonesia :
• Sebutkan tokoh dalam dongeng
• Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
• Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah .....................
• Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
• Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
• Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
• Kungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan.
• Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai..............
• Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
• Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
• Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
• Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
• Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
• Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
• Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
• Tunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
• Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
• Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian.
• Lakukanlah tarian pendek secara perorangan.
• Peragakanlah tarian pendek secara kelompok.

• LKS
• Lmbar observasi.

I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

2. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1.



2. Kerjasama



Partisipasi * bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif 4
2
1

4
2
1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1.
2.
3.
4.




CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala SD Negeri …………



……………………. …….
NIP ……...., ………………… 20…
Guru Kelas I



……………………
NIP

0 komentar

Posting Komentar