SELAMAT DATANG DI BLOG SDN LIMBANGAN O1

Minggu, 04 Maret 2012

Materi PKN Kelas III SD (Memiliki Harga Diri Sebagai Individu)

Memiliki Harga Diri Sebagai Individu
Manusia adalah makhluk yang paling mulia diantara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya maka dari itu manusia diberi akal dan fikiran akal manusia dapat mencapai hidup yang lebih baikdengan akal manusia dapat berfikir dan dapat mencapai hidup yang lebih baik. dengan budi manusia menggunakan perasaan untuk membedakan baik atau buruk, akal budi manusia menjadi manusia menjadi makhluk yang lebih tinggi derajatnya. Dengan akal budinya manusia mampu menilai dirinya sendiri. 
Harga diri adalah kesadaran seberapa besar nilai yang diharapkan diberikan orang lainterhadap diri kita, setiap manusia ingin dihormati oleh orang lain.
Bentuk-bentuk Harga Diri
  1. Menghargai Orang Lain : Harga diri seseorang tidak dilihat dari kekayaan, ketampanan, dan kepandaian akan tettapi harga diri seseorang akan dihormati atau tidak tergantung pada dirinya sendiri. dimata Tuhan manusia semua sama derajatnya. martabat manusia dapat berubah untuk itu martabat yang tinggi harus dikembangkan dan dipertahankan.
  2. Menjaga Harga Diri: Harga diri yang kita punyai hendaknya kita bina dan kita jaga sejak masih kecil, yaitu dengan membiasakan hal-hal yang baik dan menghindari hal yang tercela
Bentuk harga diri antara lain mengaku kelebihan dan kekurangan orang lain. Harga diri harus kita jaga supaya:
  • Dihargai orang lain
  • Menambah semangat
  • Mendorong melakukan hal-hal yang terpuji
  • Memiliki percaya diri
  • Meencintai diri sendiri

0 komentar

Posting Komentar